Transpublik — PT Jasa Marga Semarang Batang (JSB) memasang target untuk dapat mengoperasikan Jalan Tol Batang-Semarang pada musim Lebaran 2018.

Guna mengejar target tersebut, PT JSB mengungkapkan pihaknya telah melakukan percepatan pembangunan dan pembebasan lahan di wilayah-wilayah yang terdampak pembangunan.

Percepatan dilakukan dengan melaksanakan proses perbaikan tanah di lokasi Ponowareng dan daerah Kaliboyo hingga Kaliurang dengan menggunakan metode slab on pile, sesuai dengan kajian teknis oleh konsultan perencana.

Selain itu, JSB juga terus menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam proses pembangunan proyek jalan tol sehingga mampu meminimalisir kecelakaan di lapangan yang dapat menghambat kinerja pembangunan. Hingga saat ini, proyek pembangunan Jalan Tol Batang-Semarang tidak mencatat adanya kecelakaan.

Langkah percepatan itu pun membuahkan hasil yang cukup baik dimana hingga pertengahan Desember 2017, konstruksi fisik tercatat sudah mencapai 65,73%, untuk seluruh seksi.

“Diharapkan akhir Mei 2018 sudah siap untuk digunakan dengan kondisi jalan semua rigid, sehingga para pemudik lebaran akan aman dan nyaman,” ujar Pimpinan Proyek Jalan Tol Batang-Semarang Beni Dwi Septiadi melalui keterangan resmi.

Adapun, dari sisi pembebasan lahan, untuk gabungan seluruh seksi, pada akhir 2017 sudah mencapai 98,17%.

“Kami melakukan komunikasi ke semua instansi terkait tanah wakaf dan makam. Hal tersebut terus dilakukan secara berkesinambungan. Sedangkan bidang yang tidak sepakat dalam masalah harga akan dilakukan konsinyasi sesuai amanat Undang-Undang No 2 Tahun 2017 agar percepatan bisa tercapai tepat waktu,” terangnya.

 

Jalan Tol Batang-Semarang merupakan bagian dari proyek Jalan Tol Trans Jawa yang dibagi menjadi 5 seksi, yakni Seksi 1 Batang-Batang Timur (3,20 Km), Seksi 2 Batang Timur-Weleri (36,35 Km), Seksi 3 Weleri-Kendal (11,05 Km), Seksi 4 Kendal-Kaliwungu (13,50 Km), dan Seksi 5 Kaliwungu-Krapyak (10,10 Km) yang didukung 5 Gerbang tol, yaitu Gerbang Tol (GT) Tulis, GT Weleri , GT Kendal , GT Kaliwungu dan GT Kalikangkung. [DJ]

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

COPYRIGHT ©2020 TRANSPUBLIK, ALL RIGHT RESERVED

Log in with your credentials

Forgot your details?