Transpublik, Jakarta — Perlu diketahui, rute kereta Bandara Soekarno-Hatta adalah Stasiun Manggarai – Sudirman Baru – Duri – Batu Ceper – Bandara Soekarno Hatta.

Untuk sementara, kereta bandara tidak langsung berangkat dari Stasiun Manggarai dan Stasiun Duri, sebab masih dalam proses konstruksi. Oleh karena itu, penumpang dapat berangkat dari Stasiun Sudirman Baru dan Stasiun Batu Ceper.

Pemberangkatan Stasiun Sudirman Baru-Bandara Soekarno Hatta dimulai pukul 03.21 WIB untuk kereta pertama dan kereta terakhir pukul 22.51 WIB. Sementara jadwal pemberangkatan dengan rute sebaliknya, Bandara Soekarno-Hatta ke Stasiun Sudirman Baru berangkat mulai pukul 04.40 WIB hingga kereta terakhir pukul 00.40 WIB.

Untuk menuju Stasiun Sudirman Baru dapat naik transportasi umum seperti Transjakarta dan kereta commuter line untuk ke Stasiun Sudirman Baru.

Bagi pengguna Transjakarta, ada dua rute yang disiapkan oleh Transjakarta untuk feeder ke kereta bandara.

Pertama dari Stasiun Sudirman Baru – Gambir (koridor 1) dengan rute Hotel Indonesia – Sarinah – Bank Indonesia – Patung Kuda – Stasiun Gambir – Istana – Monas kembali ke Bank Indonesia – Sarinah – Hotel Indonesia – keluar di jalur Blora – Stasiun Sudirman Baru.

Sedangkan yang kedua Stasiun Sudirman Baru ke Menteng (koridor 9) dengan rute yang dilalui yaitu dari Stasiun Sudirman Baru – putaran Hotel Indonesia – Tosari – Dukuh Atas – Karet – Semanggi masuk rute koridor 9 sampai Kuningan – Menteng – Hotel Indonesia lalu masuk Blora dan Stasiun Sudirman Baru.

Tarif yang ditetapkan sama dengan rute bus transjakarta lainnya yakni Rp 3.500.

Bus yang digunakan berlantai rendah (low entry) untuk memudahkan penumpang yang diantar dan memiliki fasilitas pendingin udara (AC), kursi prioritas dan hand grip untuk pegangan penumpang berdiri. Bus juga dilengkapi dengan dua pintu penumpang berlantai rendah di sisi kiri bus, satu ruang kursi roda dan ram kursi roda di area pintu untuk memudahkan keluar masuknya penumpang disabilitas.

Kemudian untuk pengguna kereta commuter line, bisa turun di Stasiun Sudirman. Penumpang pun harus keluar stasiun dan gunakan pintu keluar di peron ke arah Tanah Abang atau yang berada di bawah menghadap Jalan Blora. Kemudian, jalan kaki melewati terowongan sekitar 20 meter.

Setelah tiba di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta dapat langsung berpindah antar-terminal menggunakan Sky Train atau Kereta Layang yang beroperasi selama 20 jam sehari mulai pukul 04.27 WIB-00.17 WIB.

Jadwal tersebut menyesuaikan dengan jadwal kedatangan kereta bandara di Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta, sedangkan 4 jam sisanya dialokasikan untuk daily maintenance dan istirahat. [DJ]

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

COPYRIGHT ©2020 TRANSPUBLIK, ALL RIGHT RESERVED

Log in with your credentials

Forgot your details?