Transpublik, Jakarta — Kereta bandara Soekarno-Hatta resmi beroperasi sejak Selasa (2/1/2018) setelah diujicoba penggunaannya selama satu pekan mulai dari 26 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.

Rute pertamanya ialah dari Stasiun Sudirman Baru – Stasiun Batu Ceper – Stasiun Soekarno-Hatta. Ke depannya, kereta bandara akan beroperasi dengan rute Stasiun Manggarai – Stasiun Sudirman Baru- Stasiun Duri- Stasiun Batu Ceper – Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

Kereta bandara terdiri dari 12 rangkaian kereta yang masing-masing rangkaian memiliki 42 bangku dengan total angkut sebanyak 272 penumpang. PT Railink selaku operator kereta bandara Soekarno-Hatta, telah menyiapkan 10 trainset kereta bandara dengan kapasitas 33.000 penumpang setiap harinya.

Interior keretanya didesain seperti dalam pesawat. Penumpang dapat mengatur kemiringan kursi dan sandaran tangan. Kereta juga dilengkapi dengan pendingin udara (full AC), pengisi daya ponsel (charging port), serta toilet terpisah antara pria dan wanita.

Selain itu, tiap kereta juga dilengkapi bagasi khusus untuk menempatkan barang bawaan penumpang serta empat layar TV LED untuk hiburan sekaligus memberikan informasi posisi kereta.

Sedangkan stasiunnya sendiri dilengkapi dengan fasilitas antara lain vending machine, tapping gate, eskalator, gallery ATM, waiting lounge, commercial area, meeting room, toilet, dan mushala. Stasiun Bandara Soekarno-Hatta juga terkoneksi langsung dengan bangunan dan kereta tanpa awak Skytrain yang akan mengantarkan ke sejumlah terminal penumpang di bandara Soekarno-Hatta. [DJ]

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

COPYRIGHT ©2020 TRANSPUBLIK, ALL RIGHT RESERVED

Log in with your credentials

Forgot your details?