Transpublik — Kehadiran kereta bandara merupakan salah satu ciri kota modern. Sejumlah bandara internasional di dunia bahkan telah lama mengoperasikan kereta bandara untuk memudahkan warganya menuju bandara. Berikut ini rangkuman beberapa kereta bandara yang ada di beberapa negara. 

Negera tetangga Malaysia memiliki dua kereta bandara yaitu KLIA Ekspres dan KLIA Transit yang beroperasi sejak tahun 2002. KLIA Ekspres melayani rute KLIA2 – KLIA – KL Sentral dengan waktu tempuh 33 menit. Durasi keberangkatan setiap kereta sekitar 15-20 menit. Adapun tarifnya sebesar RM 55

 KLIA Transit merupakan kereta komuter yang berhenti di beberapa stasiun utama: KLIA2 – KLIA – Salak Tinggi – Putrajaya – Cyberjaya – Bandar Tasik Selatan – KL Sentral dengan waktu tempuh 39 menit dan durasi keberangkatan setiap kereta sekitar 20-30 menit.

Di Thailand, ada dua kereta bandara menuju Don Mueang dan Suvarnabhumi. Moda transportasi ini telah beroperasi sejak tahun 2010. Kereta tersebut menempuh jarak dari pusat kota Bangkok ke Suvarnabhumi sekitar 28 kilometer. Dengan harga tiket 150 bath atau sekitar Rp 50 ribu dengan waktu tempuh 30 menit.

Sementara di Singapura, kereta bandara diakomodir oleh Mass Rapid Transportation (MRT) SMRT. Stasiun untuk MRT khusus bandara dibangun antara terminal dua dan tiga Bandara Internasional Changi. MRT SMRT ini menghubungkan pusat kota Singapura dengan Bandara Changi.

Di Inggris, bandara yang menggunakan moda transportasi kereta ialah Bandara Heatrow, London. Bandara tersebut memiliki dua terminal kereta. Wisatawan dapat menggunakan tiga jenis kereta bandara yaitu Heathrow Express, Heathrow Connet, dan Tube/Underground.[DJ]

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

COPYRIGHT ©2020 TRANSPUBLIK, ALL RIGHT RESERVED

Log in with your credentials

Forgot your details?