Pemkab Pakpak Melalui Dinas BPBD Bersama –sama TNI-POLRI Normalisasi Beberapa Titik Longsor

oleh -318 Dilihat

Pakpak Bharat, Transpublik.com – Hujan yang turun cukup deras dalam beberapa hari ini menyebabkan longsor dan menutupi beberapa ruas jalan di Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara, Sabtu (6/5/2023).

Menyikapi hal ini, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pakpak Bharat bersama masyarakat, TNI/Polri, Tagana Pakpak Bharat, dan Pemerintah setempat bekerja membersihkan serta menormalisasi beberapa titik longsor yang terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Pakpak Bharat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pakpak Bharat, Augusman Harapan Padang, melalui Kepala Bidang Penanganan Darurat dan Logistik, Jonta Sihaloho merinci beberapa titik longsor yang terdeteksi baik melalui informasi masyarakat maupun hasil pantauan tim mereka di lapangan.

“Longsor dan pohon tumbang di dua lokasi di Desa Silima Kuta tepatnya di Sikulaping Dusun Santar, Ruas Prongil Julu-Kuta Babo dua titik, Desa Buluh Tellang dua titik telah selesai kita tangani,”ujar Jonta Sihaloho.

Demikian juga di Desa Kuta Dame Dusun Tanjung Rahu telah selesai tangani.
“Saat ini kita sedang di lokasi longsor di jalan penghubung Kuta Saga-Kuta Pinang, Kecamatan Kerajaan, mudah-mudahan segera bisa segera kita atasi,” jelas Jonta Sihaloho kemarin.

Informasi yang didapat bahwa di Desa Bandar Baru, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe juga terjadi longsor dan pohon tumbang.

“Kami sampaikan kepada masyarakat agar bersabar, semua akan kami tangani sesegera mungkin, faktor cuaca dan keterbatasan baik peralatan dan juga personil cukup merepotkan,” tambah dia.

Augusman Harapan Padang sendiri menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan mewaspadai terjadinya bencana alam terutama tanah longsor dan pohon tumbang yang kerap terjadi di Kabupaten Pakpak Bharat.

“Segera melaporkan kepada kami bilamana terjadi bencana alam, tanah longsor, pohon tumbang dan sebagainya, untuk sesegera mungkin kita berikan bantuan penangan,”ujarnya.

Pada Minggu (7/5/2023) pagi, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pakpak Bharat, Augusman Harapan Padang, bersama sejumlah personilnya masih bersiaga di titik longsor yang terjadi tadi malam di kawasan Delleng Lumut, Kecamatan Kerajaan.

Di tempat ini, jalan penghubung Dairi, Pakpak Bharat, Aceh terputus total akibat material longsoran yang cukup besar menutup seluruh badan jalan.
Tidak ada korban jiwa dalam peritiwa ini, namun jalur penghubung ini terputus total yang diperkirakan memakan waktu lama bagi upaya normalisasinya.

“Pagi tadi sudah mulai kita kerjakan, tim kita sudah bekerja,” jelas Augusman Padang.

(TP/DG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.