Tingkatkan Keamanan Perbatasan Laut Dua Negara, Ini yang Dilakukan TNI-AL Bersama AL Filipina

oleh -439 Dilihat
Tingkatkan Keamanan Perbatasan Laut Dua Negara, Ini yang Dilakukan TNI-AL Bersama AL Filipina
Tingkatkan Keamanan Perbatasan Laut Dua Negara, Ini yang Dilakukan TNI-AL Bersama AL Filipina

Transpublik.com, Jakarta – Jalesveva Jayamahe – TNI Angkatan Laut menggelar Coordinated Patrol (Corpat) Philippines-Indonesia (Philindo) XXXVII Tahun 2023, pekan ini. Patroli terkoordinasi tersebut sebagai wujud kerja sama untuk menjaga keamanan perbatasan maritim kedua negara, mengamankan wilayah perbatasan terhadap kegiatan pelanggaran hukum dan kedaulatan serta kegiatan ilegal lainnya, Corpat Philindo dilaksanakan empat kali dalam satu tahun, Senin, 8 Mei 2023.

Dalam Corpat Philindo TNI AL mengerahkan unsur KRI Escolar-871 sedangkan Angkatan Laut Filipina mengerahkan BRP Artemio Ricarte (PS37). Corpat juga dimanfaatkan untuk meningkatkan profesionalisme, selain berpatroli kedua unsur Angkatan Laut kedua negara tersebut juga melaksanakan sejumlah serial latihan phase laut.

Saat melintasi perairan perbatasan kedua negara, kedua kapal perang ini melaksanakan latihan diantaranya Maneuvering Exercise, Semaphore Exercise, Man Over Board Exercise, isyarat bendera/flaghoist, dan pelaksanaan Photo Exercise.

Rangkaian latihan tersebut, bertujuan meningkatkan pemahaman prosedur koordinasi dan kerja sama taktis dalam patroli terkoordinasi antara kedua Angkatan Laut, serta meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AL dan Angkatan Laut Filipina dalam menjaga stabilitas perairan perbatasan Indonesia-Filipina.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menekankan bahwa, salah satu yang menjadi prioritas dalam menjaga stabilitas kawasan adalah peningkatan kerjasama dengan negara sahabat di kawasan dan latihan dalam meningkatkan kesiapan operasional, meningkatkan kemampuan serta naluri tempur dan profesionalisme prajurit TNI Angkatan Laut.

“Hal tersebut guna mencapai kekuatan yang siap dioperasionalkan dalam bentuk kesiagaan dan kesiapan yang tinggi,” tandas Kasal.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

(TP/DR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.