Pemkab Pakpak Bharat Sumbang Satu Ekor Kerbau di Acara Menanda Tahun Delleng Simenoto

oleh -434 Dilihat
Pemkab Pakpak Bharat Sumbang Satu Ekor Kerbau di Acara Menanda Tahun Delleng Simenoto
Pemkab Pakpak Bharat Sumbang Satu Ekor Kerbau di Acara Menanda Tahun Delleng Simenoto

Transpublik.com, Pakpak Bharat – Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat senantiasa hadir dalam setiap upaya pelestarian adat dan budaya Pakpak. Hal ini terlihat dari besarnya dukungan Pemerintah ini dalam berbagai event budaya dan adat Pakpak yang dilaksanakan di wilayah Kabupaten ini.

Sekretaris Daerah Pakpak Bharat, Jalan Berutu, S.Pd, MM atas nama Bupati Pakpak Bharat menyerahkan satu ekor kerbau guna mendukung pelaksanaan event “Menanda Tahun Sisada Rube Sitellu Desa Siennem Kuta” yang akan diselenggarakan oleh Marga Manik Pergetteng-Getteng Sengkut. Bertempat di Kantor Camat Pergetteng-Getteng Sengkut, Jalan Berutu menyerahkan satu ekor kerbau ini kepada panitia pelaksanan event tahunan ini, Kamis (9/3/2023).

Dukungan Pemerintah terhadap upaya pelestarian adat dan budaya Pakpak tidak akan pernah berhenti, kami serahkan kerbau ini sebagai bentuk dukungan kami Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat, sebagai wujud nyata bagindukungan kami atas eksistensi dat dan budaya Pakpak di Kabupaten tercinta ini, “semoga gelaran upacara adat menanda tahun ini bisa terlaksana dengan baik, lancar dan tidak ada hambatan,” ucap Jalan Berutu.

Puncak acara menada tahun Marga Manik Pergetteng-Getteng Sengkut akan dilaksanakan pada sabtu, 11 pebruari mendatang di Delleng Simenoto. Ribuan orang terutuama keturunan Marga Manik diprediksi akan menghadiri event tahunan ini.

Menanda tahun adalah sebuah upacara adat yang rutin dilaksanakan oleh beberapa Marga yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat. Ritual adat ini dilaksanakan guna memohon berkah dari para lelubur atas segala usaha dan pekerjaan. Beberapa Marga yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat rutin melaksanakan ritual menanda tahun ini setiap tahunnya.

(TP/DG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.