Hari Lahir Pancasila, Kapolres Simalungun: Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan dalam Laksanakan Tugas

oleh -403 Dilihat

Transpublik.com, Simalungun – Kapolres Simalungun AKB$P Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. Kegiatan ini dilakukan di Lapangan Apel Mako Polres Simalungun, Jln.Jhon Horailam Saragih, Kecamatan Pamatang Raya Kabupaten Simalungun, di mana kegiatan ini mengambil tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.

Membacakan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi), bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., mengatakan, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara menyatukan berbagai keragaman yang ada sekaligus bintang penuntun yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.

“Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air, sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik,” katanya, Kamis (1/6/2023).

Lebih lanjut dia menyampaikan, hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia.

“Para pendiri negara (founding fathers) telah berhasil mengidentifikasi kepribadian bangsa Indonesia yang kemudian dirumuskan dalam suatu pandangan hidup yaitu Pancasila,” jelasnya.

Hal ini, terang dia, demi mewujudkan Indonesia Emas 2045 dan impian Indonesia 2085, yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain, menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika.

Kemudian menjadi pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia, masyarakat dan penyelenggara negara yang bebas dari korupsi, terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia dan menjadi negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik.

“Tahun depan kita juga akan menghadapi pesta demokrasi serempak melalui penyelenggaraan Pemilu 2024. Untuk itu saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mensukseskan pemilu yang jujur, aman dan damai,” ungkapnya.

Ia berharap kepada seluruh personel agar meningkatkan Persatuan dan Kesatuan Dalam Melaksanakan Tugas, “Pancasila wujudkan persatuan dan kesatuan bangsa dari Kebhinekaan Indonesia.

Menurutnya, dengan adanya persatuan dan kesatuan bangsa atau masyarakat Indonesia. Akan menjadi modal untuk membangun Indonesia, “Persatuan dan kesatuan modal utama pembangunan untuk Indonesia maju, untuk itu mari tingkatkan persatuan dan kesatuan kepada seluruh anggota Polres Simalungun dalam melaksanakan tugas,” ujarnya.

Kapolres juga berharap kepada seluruh personel Polres Simalungun senantiasa menerapkan Pancasila di dalam kehidupan keseharian. Bukan hanya itu, katanya, dirinya juga meminta agar apa saja yang ada di dalam lima sila tersebut diterapkan dalam berdinas ujarnya.

(TP/Ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.